LHI, Bogor – Batu ginjal (nefrolitiasis) adalah penyakit di mana terbentuknya endapan padat di dalam ginjal yang berasal dari zat kimia seperti kalsium, asam oksalat, dan fosfor dalam urine atau air kencing. Zat-zat kimia tersebut dapat membentuk kristal yang lama-kelamaan menumpuk dan mengeras seperti batu. 

Batu ginjal dapat terjadi di dalam sepanjang saluran air kencing, yaitu ginjal, ureter (saluran yang membawa urine dari ginjal menuju kandung kemih), kandung kemih, dan uretra (saluran yang mengeluarkan urine dari tubuh).

Tingginya kadar zat kimia dalam urine dapat disebabkan karena banyaknya mengonsumsi makanan pemicu asam urat dan kalsium, kekurangan asupan cairan, juga efek samping dari terapi, obat, dan operasi tertentu.

Ukuran batu ginjal bisa mulai dari sekecil butiran gula hingga sebesar kacang polong. Batu ginjal yang berukuran kecil umumnya tidak menimbulkan gejala. Namun, batu ginjal yang berukuran besar tersangkut di dalam saluran urine sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri yang hebat di bagian pinggang. 

Dokter akan menyarankan kepada pengidap batu ginjal untuk menghindari makanan tinggi oksalat, karena senyawa oksalat dapat memperparah kondisi batu ginjal, Nah, inilah pentingnya menghindari beberapa makanan yang mengandung oksalat yang tinggi, di antaranya:

  1. Buah-buahan, seperti kiwi, kurma, raspberry, dan jeruk
  2. Sayuran, seperti bayam, lobak, kentang, bit, ubi, okra, dan wortel
  3. Kacang-kacangan, seperti kacang merah, almond, walnut, pistachio, macadamia, dan mete
  4. Biji-bijian dan pati, seperti biji bunga matahari, biji labu, beras merah, couscous, millet, bulgur, tepung jagung, dan bubur jagung
  5. Cokelat
  6. Minuman susu, cokelat panas, teh, dan jus tomat
  7. Produk kedelai, seperti tahu, tempe, dan susu kedelai

Jika ingin mengurangi risiko terkena batu ginjal, mitra sehat dapat dengan cara meningkatkan konsumsi makanan kaya kalsium dan minum lebih banyak air putih, menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat, rajin berolahraga, serta tidur yang cukup. 

Lhiforgin dari Liza Herbal International

Namun jika mitra sehat sudah memiliki gejala atau mengidap penyakit batu ginjal, dapat dibantu dengan mengonsumsi kapsul herbal Lhiforgin yang memiliki khasiat membantu meluruhkan batu oksalat (di dalam ginjal dan saluran kemih) serta mengatasi radang saluran kemih. Lhiforgin memiliki komposisi dari ekstrak herba kumis kucing, daun sambiloto, dan daun pegagan. 


Sumber: halodoc.com

Untuk pemesanan dapat  hubungi +6281-11256-343 (WhatsApp) atau +62 812-9086-3289 (WhatsApp)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed