LHI, Bogor – Kolesterol termasuk salah satu senyawa penting untuk metabolisme tubuh berupa lemak berlilin yang didapatkan dari makanan dan diproduksi secara alami oleh organ hati. Kolesterol yang tinggi dapat menjadi akar dari berbagai penyakit serius, terutama penyakit kardiovaskular seperti jantung. 

Apa yang menyebabkan kolesterol tinggi? Dikutip dari laman resmi P2PTM Kemenkes RI, kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  1. Kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat (mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi). Misalnya kuning telur, mentega, biskuit, keju, krim, atau santan.
  2. Kurangnya berolahraga atau beraktivitas yang menghasilkan keringat.
  3. Memiliki kebiasaan merokok.
  4. Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol.
  5. Obesitas.
  6. Memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), liver, dan ginjal.
  7. Pertambahan usia. Saat usia semakin tua, risiko kolesterol tinggi yang memicu aterosklerosis (penyempitan atau pengerasan pembuluh darah arteri oleh lemak) juga semakin besar.
  8. Faktor genetik yang diturunkan dalam keluarga.

Kolesterol tinggi dapat diturunkan dengan beralih ke gaya hidup dan pola makan yang sehat. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat kolesterol turun lebih cepat, yaitu:

1. Banyak konsumsi sayur dan buah

Kandungan serat dalam sayur dan buah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Misalnya buah alpukat, apel, jeruk, pir,atau lemon. Atau sayur seperti brokoli, lobak, kacang merah, dan wortel.

2. Hindari lemak trans

Lemak trans ternyata dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL). Hindari beberapa makanan yang mengandung lemak trans, yaitu margarin, krimer, gorengan, camilan popcorn, kentang goreng, donat, ayam goreng fast food, kulit ayam, daging merah, keju, jeroan (sapi, domba, dan kambing).

3. Olahraga teratur

Dengan olahraga teratur dapat membuat tubuh menjadi bugar. Selain itu juga membantu penurunan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup yang ringan-ringan seperti bersepeda atau yoga.

4. Kontrol berat badan

Selain olahraga teratur, menjaga berat badan dengan menjalani diet sehat juga tak kalah penting dalam menurunkan kolesterol tinggi. Orang dengan berat badan yang berlebih akan lebih mudah mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Konsumsi produk suplemen atau obat herbal

Sebagai tambahan, Mitra Sehat juga bisa mengonsumsi produk suplemen atau obat herbal yang di dalamnya terdapat kandungan quercetin pada daun salam yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Lhiforcol dari Liza Herbal International

Lhiforcol merupakan kapsul herbal yang terbuat dari campuran ekstrak daun salam, daun sambiloto, dan bee pollen. Memiliki banyak khasiat, seperti membantu mengurangi lemak darah (kolesterol), membantu meringankan gula darah, dan membantu meringankan tekanan darah tinggi. 


Sumber: p2ptm.kemeskes.go.id 

Untuk pemesanan dapat  hubungi +6281-11256-343 (WhatsApp) atau +62 812-9086-3289 (WhatsApp)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed